Pelatihan Produksi Video Pembelajaran di Desa Kesambirampak Situbondo Hasilkan Video yang Mengangkat Pengelolaan Potensi Desa -->
Cari Berita

Advertisement

Pelatihan Produksi Video Pembelajaran di Desa Kesambirampak Situbondo Hasilkan Video yang Mengangkat Pengelolaan Potensi Desa

Redaksi
Sabtu, 24 Agustus 2024

Pelatihan Produksi Video Pembelajaran Akademi Desa


SITUBONDO (ruangaspirasi.net) Sebanyak 30 orang konten kreator dari Desa Kesambirampak dan Desa Curah Cottok Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo mengikuti peningkatan kapasitas tingkat dasar produksi video pembelajaran. Kegiatan ini berlangsung mulai Senin hingga Sabtu. (19-24 Agustus 2024)

 

Pelatihan yang dilaksanakan di Balai Desa Kesambirampak ini, dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinas PMD) Kabupaten Situbondo, Suriyatno. Adapun peserta pelatihan terdiri dari unsur pemuda, kader perempuan desa, kader digital desa, pendamping desa dan pendamping lokal desa.

 

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PMD menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Desa, PDTT yang telah menjadikan Situbondo sebagai lokus dari kegiatan pelatihan.

 

"Saya menyampaikan terima kasih sekali kepada Kementerian Desa yang telah memilih Situbondo sebagai tempat kegiatan pelatihan. Karena saya mendengar tidak semua Kabupaten mendapat kesempatan seperti ini. Dan karena itu mari kesempatan yang telah diberikan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga harapannya dengan pelatihan ini nanti banyak potensi-potensi desa yang diangkat," jelas Suriyatno.

 

Pelatihan produksi video pembelajaran desa merupakan salah satu wujud dari upaya peningkatan kapasitas dan keterampilan masyarakat yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Melalui pelatihan tersebut peserta dibekali dengan berbagai pengetahuan, baik yang bersifat substantif, seperti bagaimana mengenali masalah yang ada di desa, bagaimana mengenali tujuan pembangunan berkelanjutan di desa (SDGs), bagaimana menentukan tema atau ide, dan sebagainya, maupun pengetahuan yang bersifat teknis, seperti menulis naskah skenario, menyusun story board, cara mengambil video, serta proses pengeditan video.

 

Keluaran dari pelatihan ini adalah terciptanya video pembelajaran yang dibuat oleh peserta. Video itulah yang kemudian akan diunggah ke dalam aplikasi Online Video Platform (OVP) yang dibuat oleh Kementerian Desa, PDTT. OVP adalah platform pembelajaran masyarakat berbasis tayangan video. Dengan melalui tayangan video harapannya proses pembelajaran antar masyarakat bisa  dilakukan lebih mudah dan lebih efektif.

 

Dalam pelatihan yang diselenggarakan di Desa Kesambirampak tersebut, proses pembelajaran didampingi oleh empat orang fasilitator yaitu Bayu Setyo Nugroho (Pelatih Nasional dari Banyumas), Ahmad Ridwan (Pelatih Daerah dari Situbondo), Wisnu Pria Atmaja (Pelatih Daerah dari Situbondo), dan Adelbertus Amos Aman Aparno Ate (Pelatih Daerah dari Sumba Barat). Peserta mengikuti seluruh proses pelatihan dengan antusias dan menghasilkan tujuh video pembelajaran dengan tema penguatan UMKM, pengelolaan potensi alam, desa bersih, pemanfaatan limbah, dan program penurunan stunting.

 

#Redaksi